Minggu, 20 Februari 2011

Welcome to our community


Selamat datang pembaca Yang Terhormat,

Majalah SERANGGA versi online akhirnya kami putuskan untuk dirilis, karena kami tidak ingin calon pembaca kehilangan waktu untuk "mengintip" tulisan-tulisan kami di Majalah SERANGGA versi cetak. Oleh karena itu, kami menampilkan cuplikan artikel-artikel yang kami publikasikan di Majalah SERANGGA versi cetak.

Pembaca Yang Terhormat,
Serangga agaknya merupakan salah satu organisme yang paling banyak berhubungan dengan manusia, dan juga merupakan komponen di dalam rantai makanan yang jumlah spesies maupun kemelimpahannya paling tinggi. Oleh karena itu, para ahli menduga bahwa peranan serangga sangat nyata di alam. Dan memang kemudian terbukti, bahwa serangga dapat kita temui sebagai pemakan tumbuhan atau herbivora (termasuk sebagai pemakan serbuk sari dan nektar), penyerbuk, predator, parasitoid, pemakan bahan organik (termasuk bangkai), dan sebagainya.
Oleh karena itu, kami tertarik untuk memfasilitasi upaya saling berbagi ini dengan menerbitkan majalah SERANGGA yang pada dasarnya adalah sebuah majalah komunitas para pemerhati serangga. Pengalaman berhubungan dengan serangga yang bisa jadi menarik, mengesankan, atau bahkan mengerikan dari masing-masing kita agaknya menarik untuk dibagikan. Itulah sebabnya, kami juga mengusung jargon "berbagi untuk mencerahkan" yang mengandung arti bahwa pengalaman kita yang dibagi kepada orang lain akan melahirkan sebuah "pencerahan" atau pengetahuan baru bagi orang lain. Dengan demikian, pemahaman kita terhadap serangga menjadi semakin lengkap.
Kami juga mengundang para pembaca untuk berpartisipasi pada majalah ini dengan mengirimkan tulisan, foto, gambar atau coretan, ide, kritik, bahkan hanya sekedar "say hello" untuk menambah semangat kami dalam mengelola majalah ini. Kami sadar, bahwa pengetahuan kami amatlah terbatas, sehingga bantuan dan dorongan dari para pembaca ibarat bahan bakar yang akan senantiasa menerangi jalan kami dalam menemukan butir-butir emas pengetahuan dan mengemasnya dalam bentuk majalah yang dapat dibaca dan dinikmati dengan nyaman.
Akhirnya, hanya doa yang kami senantiasa panjatkan, agar perjuangan kami ini mendapat kemudahan dari Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga majalah ini dapat memberikan suasana belajar baru di dunia pendidikan di Indonesia.


Regard,
Nugroho S. Putra
Founder Majalah SERANGGA
Facebook: Majalah Serangga; http://ilmuserangga.wordpress.com
Alamat redaksi:
Jl. Kaliurang km 6,7 G-29 Sono, Sinduadi, Mlati, Sleman Yogyakarta
55284

2 komentar:

  1. Selamat datang Serangga.
    Mau tanya koq namanya serangga, apa karena suka menyerang ya ... Tolong beri argumentasi.

    BalasHapus
  2. Hmmm....itu masalah bahasa mas, kurang paham je. Yah, memang mirip sih....serangga dengan serangan, satunya kurang n kelebihan g, satunya lagi kurang g kelebihan n....ha...ha.... Ada-ada saja sampeyan ki.

    BalasHapus